melatih-keberanian-sikecil
ASIH
title arrow

15 Cara Melatih Keberanian si Kecil untuk menumbuhkan Keberanian

Moms tahu nggak sih, melatih keberanian Si Kecil sebaiknya dilakukan semenjak dini loh! Moms bisa coba cara kreatif untuk memperkenalkan Si Kecil ke hal-hal yang baru sebagai upaya melatih keberaniannya, agar Si Kecil dapat dengan cepat menyesuaikan diri. Dengan melatih keberanian, maka Si Kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan tidak cengeng.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menumbuhkan keberanian Si Kecil sejak dini.

1. Mengajarkan Si Kecil berfikir positif

Dengan mengajarkan Si Kecil agar selalu berfikir positif, Moms juga dapat menerapkan ilmu dan memberikan pengalaman baru pada Si Kecil. Dalam hal ini agar Si Kecil dapat menciptakan fikirannya yang positif dan memiliki sifat yang pemberani. Karena apabila Si Kecil selalu berfikir negative, mentalnya akan jatuh dan akan sulit untuk menumbuhkan keberanian pada dirinya.

2. Mengasah kemampuan Si Kecil

Setiap anak pasti diberikan keistimewaan dan kelebihan yang memang di kuasai. Nah sebagai orangtua sebaiknya lebih mengasah kemampuan dan kelebihannya, dalam hal ini akan akan lebih memiliki sikap percaya diri yang tinggi sehingga keberanian pada dirinya pun akan tumbuh dengan sendirinya.

3. Menumbuhkan rasa sikap percaya diri

Percaya atau tidak, sikap percaya diri akan menumbuhkan rasa keberanian pada diri Si Kecil. Untuk itu Moms perlu menumbuhkan rasa percaya diri Si Kecil dengan sendirinya, agar ia memiliki keberanian untuk tampil di depan umum atau juga menumbuhkan rasa berani untuk kehidupannya yang akan datang.

4. Mencoba hal baru

Moms juga harus mendorongnya agar mau mencoba hal yang baru. Dengan begitu rasa keberanian pada Si Kecil akan muncul dengan sendirinya. Tanamkan juga pada Si Kecil, bahwa ia tidak usah khawatir dengan apapun resiko yang nanti akan dihadapinya.

5. Memberi kesempatan untuk jadi pemimpin

Moms bisa menumbuhkan rasa kepemimpinan Si Kecil sejak dini. Misalnya dengan menyuruhnya untuk memimpin barisan saat di sekolah, atau juga untuk dapat memimpin doa saat ada di rumah atau disekolah. Sehingga dengan sendirinya akan ada mental pemberani pada diri Si Kecil.

6. Melakukan aktivitas luar ruangan

Untuk menumbuhkan rasa keberanian pada Si Kecil memang tidaklah mudah. Moms pun harus ikut serta mengajarkan Si Kecil agar lebih memiliki sikap pemberani.

Salah satunya seperti selalu mengikutsertakan Si Kecil pada kegiatan aktivitas diluar ruangan, seperti kegiatan outbound, karena dalam kegiatan tersebut akan meningkatkan adrenalin Si Kecil serta psikologi sosial nya. Dan lebih bisa termotivasi untuk selalu mencoba hal yang membuatnya jauh lebih berani.

7. Memberikan tanggung jawab

Saat Moms sedang melakukan pekerjaan tertentu, misalnya dalam hal bersih-bersih rumah, Moms bisa mengikutsertakan Si Kecil dalam hal ini. Misalnya dengan memberinya tanggung jawab untuk menyapu halaman rumah ataupun sekedar membersihkan permainan yang telah dia mainkan.

Untuk itu Si Kecil akan merasa diberi tanggung jawab, sehingga dalam hal ini akan menumbuhkan rasa berani terhadap dirinya nanti.

8. Menghargai diri sendiri

Moms, sebaiknya jangan pernah membandingkan Si Kecil dengan anak yang lainnya. Dalam hal ini Si Kecil akan diajarkan agar lebih dapat menghargai dirinya sendiri. Sehingga nantinya dia akan bisa menumbuhkan rasa keberanian pada dirinya sendiri, tanpa harus menyombongkan sikap yang ada pada dirinya.

9. Rajin berkomunikasi dengan Si Kecil

Komunikasi antara Moms dengan Si Kecil sangatlah penting. Selain menumbuhkan mental percaya diri pada dirinya, Si Kecil juga akan dilatih agar dapat memiliki sikap berani. Dalam hal ini tentu peran penting Moms sangatlah memiliki pengaruh yang cukup besar.

Memberikan ruang pada Si Kecil untuk berkeluh kesah juga bisa membuatnya lebih nyaman pada lingkungannya sehingga dengan sendirinya akan timbul rasa berani tersebut.

10. Tunjukan pada Si Kecil bukan sekedar teori

Si Kecil biasanya akan mencontoh orangtua, untuk itu Moms sebelum memberitahukan mengenai sifat berani yang perlu dimilikinya. Moms juga wajib mencontohkan pada Si Kecil untuk dapat memiliki sikap pemberani.

Sehingga dalam hal ini bukan hanya teori saja yang kita berikan, namun dengan memberikan contoh sikap tersebut di hadapan Si Kecil.

11. Membebaskan anak untuk memililih hal yang disukai nya

Si Kecil akan merasa nyaman apabila berada di suatu tempat atau lingkungan yang memang dia sukai. Untuk itu Moms juga perlu memberi kebebasan pada Si Kecil, namun dengan terus mengawasinya. Untuk itu Si Kecil pun akan merasa nyaman dan dengan sendirinya akan tumbuh rasa percaya diri pada dirinya.

12. Memberikan nasihat yang membangun

Memberikan nasihat dan teori kepercayaan diri yang membangun dan mengandung motivasi juga sangat penting. Karena dalam hal ini Si Kecil juga akan merasa terdorong dengan adanya motivasi dari orangtuanya. Dan dengan sendirinya ia akan merasa lebih berani untuk bertindak dan juga melakukan sesuatu yang memang benar-benar dalam hal positif nantinya.

13. Jangan melarang anak

Kebanyakan orangtua selalu melarang-larang anaknya. Padahal sikap ini justru akan membuat anak merasa tidak percaya diri dan kehilangan rasa keberanian dalam dirinya.

Ajak Si Kecil bermain di luar sambil merasakan suasana baru dan udara yang sejuk. Perkenalkan Si Kecil dengan wahana permainan yang memacu adrenalin dan kepercayaan dirinya. Moms harus memberikannya kebebasan untuk permainan yang ia sukai, namun tetap harus diawasi.

14. Memperkenalkan si kecil dengan Teman Seusianya

Memperkenalkan Si Kecil pada teman seusianya tentu saja akan memberikan respon baik terhadap lingkungan sekitar. Kemampuan si kecil untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar termasuk teman-teman barunya akan membentuknya menjadi pribadi yang supel dan mudah untuk beradaptasi.

Ketika Si Kecil sudah asyik dengan teman barunya, maka orang tua bisa sedikit menjauh untuk membiarkan si kecil melakukan komunikasi dengan teman yang lain. Hal ini perlu dilakukan agar Si Kecil terbiasa dengan orang baru dan memiliki keberanian meskipun jauh dari orangtuanya.

15. Membangun Minat Si Kecil

Meskipun Si Kecil belum bisa memiliki keinginan yang tetap, namun Moms bisa mengarahkan dan membimbing Si Kecil untuk melakukan hal yang ia senangi. Dengan hal-hal yang menjadi kesukaan si kecil tentu saja rasa nyaman akan muncul dalam dirinya untuk bisa membangun mental, motorik maupun kemandiriannya. Si Kecil akan merasa memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu tanpa bantuan orangtuanya. Dengan bantuan dan motivasi maka Si Kecil akan menjadi semakin percaya diri.

Jangan lupa selalu bekali Si Kecil dengan sikap positif agar kepercayaan diri tersebut tidak menjadikan Si Kecil memiliki sifat superior dan menganggap lemah teman-teman yang lain.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Moms untuk melatih keberanian si kecil sebelum mereka memasuki usia sekolah. Dengan keberanian dan kemandirian tentu saja akan membuat Si Kecil lebih berkembang secara baik.Bekali si kecil juga dengan multivitamin anak untuk membantu perkembangan otaknya agar maksimal ya moms!

#AnakCerdasItuBerani

Ikuti terus artikel GoldenAge Cerebrofort
Masukkan nama lengkap dan email anda untuk info dan artikel terkini dari cerebrofort