anak berani
ASUH
title arrow

3 Cara Melatih Mental Si Kecil agar Berani

Cara melatih mental Si Kecil agar berani dalam bertindak dan bertanggung jawab merupakan harapan orangtua. Itulah mengapa anak-anak perlu untuk dilatih menjadi lebih pemberani. Kira-kira apa sajakah cara yang dapat dilakukan orangtua untuk melatih anak-anaknya menjadi pemberani? Simak penjelasan berikut di bawah ini;

1. Memberikan Anak Mencoba Hal Baru
Anak-anak yang pemberani adalah anak yang tidak takut mencoba hal-hal baru. Tentunya dengan membiasakannya sejak dini. Orangtua dapat memberikan Si Kecil rasa aman terhadap lingkungannya. Biarkan Si Kecil mengenal lingkungan sekitarnya dengan baik. Jika masih takut, dampingilah untuk sementara waktu dan berikan contoh melakukan berbagai hal dengan cara yang menyenangkan. Berikan dukungan dan semangat padanya agar ia merasa yakin dan mampu melakukan berbagai hal. Lambat laun Si Kecil akan merasa nyaman dan lebih berani.

2. Memberikan Kepercayaan pada Anak
Kepercayaan dalam hal ini merujuk kepada bagaimana Si Kecil dipercaya untuk melakukan berbagai hal sendiri. Ini hanya akan terjadi bila kita memberanikan diri untuk memberinya kepercayaan untuk melakukan hal-hal yang belum tentu bisa dilakukannya namun-ini yang penting-ia ingin mencobanya. Selama itu tidak membahayakannya, berilah kepercayaan dan izinkanlah ia melakukannya. Jadi, mulailah dengan memberinya kepecayaan untuk melakukan hal-hal yang dapat dilakukannya, kemudian beranjaklah kepada hal-hal yang belum pernah dilakukannya.

3. Memberikan Latihan Anak Berpikir Kritis
Moms dapat melatih Si Kecil menjadi pemberani dengan memberikannya banyak latihan yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya dan dapat mempertimbangkan mana hal yang harus ditakutinya dan mana yang tidak. Si Kecil dapat menilai bahwa hal ini tidak perlu ditakuti dan ia harus menjadi pemberani. Latihan untuk dapat berpikir kritis ini dapat diberikan dengan mengikutkan Si Kecil pada latihan-latihan bela diri ataupun latihan ekstra di luar rumah lainnya. Untuk itulah setiap orangtua diharapkan memberikan waktu khusus untuk mengarahkan Si Kecil memiliki kemampuan pikir yang lebih baik.
#AnakCerdasItuBerani

Ikuti terus artikel GoldenAge Cerebrofort
Masukkan nama lengkap dan email anda untuk info dan artikel terkini dari cerebrofort