meningkatkan-kecerdasan-anak
ASAH
title arrow

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Kebiasaan Sederhana

Moms, yuk buat Si Kecil memiliki kebiasaan yang baik di rumah agar bisa cerdas. Karena tugas orangtua adalah memberikan fasilitas yang menunjang kecerdasan Si Kecil. Kuncinya hanya mau dan sabar meluangkan waktu untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan ini demi masa depannya yang cerah.

1. Sebelum mengharapkan Si Kecil bertambah cerdas, penuhi kebutuhannya
Kebutuhan Si Kecil memang sangat banyak, yang paling penting untuk tumbuh kembangnya yaitu kebutuhan gizi dan nutrisi dari makanan yang sehat. Pastikan si kecil mau menyantap makanan yang bergizi seperti sayur dan buah-buahan.

Jika Si Kecil susah makan, maka selesaikan persoalan ini dengan vitamin tumbuh kembang anak. Penuhi juga kebutuhan nutrisinya dengan susu,sebagai pelengkap kebutuhan gizinya.

2. Memberi Si Kecil curahan kasing sayang yang melimpah ruah
Jangan sepelekan kasih sayang dalam meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Kasih sayang orangtua sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan sel-sel otak Si Kecil. Banyak penelitian telah membuktikan keampuhan kasih sayang orangtua dengan prestasi Si Kecil di sekolah.

Si Kecil yang sering dipeluk orangtua akan merasa aman dan tenang sehingga mampu fokus belajar dan menyelesaikan pelajaran yang rumit. Sebaliknya, Si Kecil yang kurang kasih sayang cenderung bersikap agresif dan sulit fokus.

Berilah kasih sayang yang cukup pada Si Kecil. Maka kemampuannya dalam menyerap ilmu pengetahuan akan semakin membaik.

3. Mengajak Si Kecil bermain untuk merangsang otaknya
Dunia Si Kecil adalah dunia bermain. Ia sangat membutuhkan waktu bermain untuk menjaganya tetap senang. Karena bermain juga bisa jadi wadah untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Asalkan permainannya mampu merangsang otak untuk berpikir kreatif. Permainan itu seperti catur, teka-teki silang, atau permainan memecahkan suatu masalah.

Dengan permainan seperti itu akan mengajak Si Kecil untuk meningkatkan daya kreativitas serta strategi melihat permainan. Selain tambah cerdas, Si Kecil akan merasa senang. Permainan kreatif seakan menjadi sekolah yang menyenangkan buat Si Kecil. Tentu saja Moms yang menjadi gurunya.

4. Mau menceritakan dongeng untuk si kecil
Moms, ternyata mendongeng terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak Si Kecil loh! Mendengarkan cerita membuat Si Kecil terbiasa mengembangkan imajinasinya ke tempat yang jauh dan waktu yang berbeda. Ia juga akan memiliki kosa kata yang luas sehingga pandai mengutarakan emosinya dengan tepat.

Si Kecil yang terbiasa mendengar dongeng sejak kecil cenderung suka membaca di usia dewasa. Membaca adalah kunci meningkatkan kecerdasan.

Namun ingat, hindari memberikan dongeng kepada Si Kecil melalui perantara teknologi. Contohnya, membiarkan anak menonton cerita melalui televisi atau mengunduh aplikasi dongeng pada gadget, lalu membiarkannya melihat dan mendengar cerita melalui layar. Karena Si Kecil perlu merasakan hubungan emosional dengan kata-kata yang diucapkan, jadi jauhi dongeng pada gadget. Usahakan Moms membacakannya langsung padanya. Selain itu, dongeng digital bisa membuat anak kehilangan daya imajinasi dan kemampuan berpikir karena dia hanya diberi sebuah tontonan saja.

Usahakan untuk meluangkan setidaknya 10 hingga 15 menit sehari untuk menceritakan sebuah kisah kepada Si Kecil. Bisa dilakukan sebelum tidur siang, sebelum tidur pada malam hari, atau jika Moms dan si kecil memiliki waktu luang dan tidak sedang lelah. Yang terpenting, lakukan dengan senang agar Moms bisa total saat menyampaikan cerita. Selain itu, tularkan kebiasaan membaca padanya agar si kecil mengetahui bahwa membaca adalah hal yang menyenangkan, sehingga Moms bisa menjadi role model atau panutan yang baik baginya.

5. Pastikan Si Kecil memiliki waktu tidur yang cukup
Kebiasaan tidur orangtua berpengaruh pada kebiasaan tidur Si Kecil. Ketika orangtua sering tidur larut malam, si kecil akan cenderung mengikutinya.

Oleh karena itu, jika ingin menanamkan kebiasaan tidur cukup pada Si Kecil, orangtua harus mulai memberi teladan bahwa mereka juga tidur tepat waktu.

Sebagai orangtua, tentu Moms tahu bahwa tidur sangat penting bagi tumbuh kembang fisik dan mental Si Kecil secara optimal. Selain itu, tidur yang cukup akan membantu mempercepat penyembuhan dan pemulihan ketika sakit.

Jangan paksakan Si Kecil saat ia merasa lelah. Biarkan tubuhnya beristrihat untuk menjaga kebugarannya. Tubuh yang cukup tidur memiliki kemampuan kognitif yang baik, daya ingat yang tajam, serta kemampuan memecahkan masalah yang rumit.

Jaga waktu istirahatnya. Tidur yang cukup sangat membantu seorang anak menggapai prestasi dan meningkatkan kecerdasannya.

5 Point di atas memang tampak sangat sederhana. Tetapi jika dilakukan secara konsisten akan menghasilkan dampak positif bagi Si Kecil. Mengabaikan salah satunya dapat mengurangi kesempatan Si Kecil meningkatkan kecerdasannya, karena #AnakCerdasItuSehat.
#AnakCerdasItuSehat

Ikuti terus artikel GoldenAge Cerebrofort
Masukkan nama lengkap dan email anda untuk info dan artikel terkini dari cerebrofort