anak-sehat
ASIH
title arrow

Cara Menjaga Kesehatan Si Kecil Saat di Sekolah

Si Kecil tetap sehat dalam setiap kondisi memang tidaklah mudah, apalagi saat sedang disekolah. Untuk menjaganya tetap sehat, Moms bisa menerapkan beberapa perilaku sehat untuk menjaga kekebalan daya tahan tubuhnya saat di sekolah.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk menjaganya tetap sehat:

1. Hidangkan lebih banyak sayur dan buah
Buah dan sayur penting bagi kesehatan. Namun selalu banyak alasan Si Kecil untuk menghindari dan menyingkirkan buah dan sayur dari piringnya. Tentu Moms tidak bisa mendiamkannya begitu saja. Karena, beberapa jenis buah dan sayur mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk daya tahan tubuh Si Kecil. Contohnya wortel, jeruk, dan stroberi yang mengandung vitamin C dan karoten.

Selain memelihara daya tahan tubuh, makan buah dan sayuran yang cukup juga penting untuk menunjang pertumbuhan anak.

2. Cukupi waktu tidur
Memperhatikan pola tidur anak tentu tidak luput dari perhatian Moms. Tidur yang cukup adalah salah satu syarat yang penting untuk menjaga kesehatan. Terutama bagi anak-anak, jam tidur tambahan (tidur siang) sangat dibutuhkan.

Waktu tidur yang kurang dapat menganggu ritme tubuh dan menghambat otak untuk mempelajari informasi baru. Moms harus memperhatikan hal ini jangan sampai aktivitas terlalu banyak membuat Si Kecil tidak tidur secara teratur. Buatlah jumlah jam tidurnya yang baik, yaitu 68 jam sehari.

3. Berolahraga bersama
Ajak Si Kecil berolahraga bersama seperti bersepeda dan joging di hari minggu. Selain menyehatkan, kegiatan tersebut juga dapat membentuk ikatan yang baik dalam keluarga. Si Kecil juga dapat melakukan olahraga favorit bersama teman-temannya asalkan waktu untuk istirahat tetap terjaga.

4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
Ajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, sesudah ke toilet, dan sesudah bermain. Selain itu, sikat gigi teratur, memakai pakaian bersih, menjaga kebersihan rumah, serta kebersihan makanan dan alat makan juga penting untuk menghindari penyebaran kuman.

5. Hindari asap rokok
Jauhkan Si Kecil dari paparan asap rokok. Karena, anak yang terkena paparan asap rokok lebih mudah mengalami gangguan pernapasan dibandingkan yang tidak.

Untuk itu, jangan sampai ada anggota keluarga yang merokok di rumah. Hindari pula paparan asap rokok terhadap anak saat berada di luar rumah, misalnya dengan menggunakan masker saat berjalan menuju dan pulang sekolah.

Selain itu, Moms juga dapat memberikan suplemen khusus untuk membantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Pastikan suplemen tersebut bebas dari gula, memiliki bahan aktif vitamin A, vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin C, dan Vitamin D, seperti Cerebrofort Gold.
#AnakCerdasItuSehat

Ikuti terus artikel GoldenAge Cerebrofort
Masukkan nama lengkap dan email anda untuk info dan artikel terkini dari cerebrofort