cara melatih mental
ASAH
title arrow

Cara Menumbuhkan Keberanian Si Kecil

Anak yang berani dan tidak manja dalam menghadapi sesuatu adalah harapan setiap orangtua.

Dalam proses perkembangan anak, peran orangtua sangatlah penting. Maka dari itu, Moms harus meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan Si Kecil. Berkomunikasi dengan anak sejak ia masih kecil kadang dianggap sepele karena tidak memberikan efek apapun. Namun hal ini salah, anak-anak yang sejak kecil selalu diajak berkomunikasi oleh orangtuanya akan tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri dan lebih berani untuk berbicara di depan umum.

Karakter anak yang sudah dimulai sejak kecil memang memiliki dampak positif saat mereka sudah besar nanti. Dalam mendidik Si Kecil, para orangtua harus sabar agar menghasilkan karakter anak yang berguna bagi sekelilingnya.

Dan berikut ini ada beberapa hal yang memang bisa Moms lakukan guna menumbuhkan sikap dan sifat berani Si Kecil, yaitu sebagai berikut:

1. Berikan contoh

Si Kecil adalah peniru yang ulung. Jadilah sosok yang berani dan tunjukkan pada Si Kecil bagaimana mengatasi rasa takut.

Jika Moms memiliki ketakutan untuk naik rollercoaster, maka sebisa mungkin Moms harus mencari cara agar bisa melawan rasa takut tersebut. Kemudian, ajaklah Si Kecil dan tunjukkanlah pada dirinya bahwa Moms sudah berani untuk berputar-putar di wahana yang penuh dengan tantangan tersebut.

anak berani

2. Tularkan keberanian lewat budaya keluarga

Moms bisa menceritakan kepada Si Kecil terkait beberapa hal yang perlu diperjuangkan untuk mengejar cita-cita. Atau bahkan juga bisa menceritakan hal lainnya, seperti menceritakan kisah inspiratif seseorang yang memang memiliki daya juang juga keberanian yang sangat luar biasa.

Hal ini penting untuk Moms lakukan, tujuannya agar Si Kecil merasa terinspirasi dan bersemangat untuk menjadi lebih berani.

bercerita dgn anak

3. Tantangan dan pujian

Untuk mengajarkan sikap dan sifat berani pada Si Kecil, maka Moms harus mencoba untuk mengurangi sedikit keinginan untuk selalu melindunginya dimanapun dan kapanpun.

Moms bisa memberikan Si Kecil sedikit tantangan, seperti pergi ke warung yang berada di sekitaran rumah tanpa Moms temani. Namun tetap, Moms harus mewaspadainya dari kejauhan guna memastikan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada Si Kecil, setelah ia kembali, Moms dianjurkan untuk memberikannya pujian.

keluarga bahagia
#AnakCerdasItuBerani

Ikuti terus artikel GoldenAge Cerebrofort
Masukkan nama lengkap dan email anda untuk info dan artikel terkini dari cerebrofort