kiat-menjaga-kesehatan-anak
ASIH
title arrow

Kiat Menjaga Kesehatan Anak

Mengajari anak kebiasaan sehat sejak dini akan mempengaruhi gaya hidupnya nanti. Selain itu, Moms juga ikut meminimalisir penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus seperti demam dan flu. Berikut ini beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, Moms dapat mempraktikkan berbagai kiat berikut untuk menjaga kesehatannya:

Jaga makanan Si Kecil
Kebiasaan dan pola makan Si Kecil ditentukan oleh orangtua. Anak-anak akan mengonsumsi makanan yang dihidangkan di atas meja atau yang ada di dalam kulkas. Untuk itu, orangtua perlu menyediakan pasokan makanan yang sehat dan bergizi di rumah. Berikan makanan selingan yang menyehatkan, dua atau tiga kali dalam sehari. Cobalah potong buah segar, sayuran rebus, biskuit, roti, atau potongan keju untuk Si Kecil.

Menjaga Kebersihan
Selain dari asupan makanan, daya tahan tubuh kuat juga bisa didapat dengan menjaga kebersihan diri. Moms dapat membiasakan Si Kecil mandi dua kali sehari, menggosok gigi pagi dan malam hari, mencuci tangan setiap akan dan selesai makan, setiap selesai buang air kecil maupun besar, serta mencuci kaki setiap mau tidur. Cuci tangan dan kaki menggunakan sabun serta air mengalir dapat menurunkan risiko penyakit kulit semaksimal mungkin. Kemungkinan kuman berkurang setelah mencuci tangan dengan sabun hampir 3 kali lipat dari pada mencuci tangan dengan air saja. Bahkan melakukan hal tersebut dapat mengurangi kuman sebanyak hampir 6 kali lipat dibandingkan tidak mencuci tangan sama sekali.
Lakukan proses cuci tangan dan kaki Si Kecil keseluruh area lipatan kulit. Langkah sederhana ini sebaiknya menjadi rutinitas agar kesehatan Si Kecil dapat terus terjaga dengan baik.
Lakukan imunisasi
Imunisasi adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Oleh karena itu, ingatlah baik-baik jadwal imunisasi Si Kecil. Daftar imunisasi yang diwajibkan pemerintah untuk diberikan kepada setiap anak adalah hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT. Hubungi dokter untuk mengetahui jadwal tepat imunisasi si Kecil.

Aktif Bergerak
Biarkan Si Kecil aktif bergerak untuk memperkuat daya tahan tubuhnya minimal satu jam dalam sehari. Misalnya dengan membiarkannya berlarian, menari, berayun, atau bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Bila Si Kecil aktif bergerak, aliran darah di tubuh Si Kecil akan menjadi lancar, ia terhindar dari obesitas, dan kekebalan tubuhnya pun baik.

Perhatikan waktu tidur Si Kecil
Tidur merupakan kegiatan yang tidak kalah penting untuk si kecil. Jaga kesehatan Si Kecil dengan memperhatikan pola tidurnya. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh Si Kecil untuk menangkal penyakit, dapat membantu pertumbuhannya, serta dapat membuat daya ingatnya lebih bagus, dan dapat berpikir jernih. Pada usia 1 - 3 tahun, Si Kecil cenderung membutuhkan tidur setidaknya sebanyak 12 - 14 jam dalam sehari. Jadi pastikan Si Kecil tidak melewati tidur siang dan tidak tidur terlalu larut malam.

Jadi Panutan yang baik untuk si kecil
Moms juga harus menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari bangun pagi, olahraga, makanan yang sehat, dan tidur tepat waktu. Kehidupan yang teratur akan membuat Si Kecil ikut sehat bersama.
#AnakCerdasItuSehat

Ikuti terus artikel GoldenAge Cerebrofort
Masukkan nama lengkap dan email anda untuk info dan artikel terkini dari cerebrofort