kreatifitas anak
ASUH
title arrow

Meningkatkan Kreatifitas Anak Sekolah Dasar

Memiliki anak yang kreatif merupakan impian bagi setiap orangtua. Kreatifitas anak sekolah dasar akan terbangun jika didukung oleh orangtua, lingkungan sekolah serta lingkungan sosialnya untuk membantu serta memupuk kemampuan serta talenta yang dimiliki oleh Si Kecil. Anak akan tersendat daya kreatifnya jika semua pihak terutama orangtua kurang mengerti bagaimana cara meningkatkan kreatifitas untuk anak usia sekolah dasar.

Cara Meningkatkan Kreatifitas Anak SD

Permainan kreatif
Orangtua dapat memperkenalkan Si Kecil kepada permainan yang bersifat mendidik seperti permainan puzzle. Melalui permainan ini, Si Kecil akan belajar mengasah serta meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan persoalan.
Jangan membantu Si Kecil saat dirinya sedang menyelesaikan permainan, karena dengan membantu Si Kecil tidak akan menjadi mandiri dan tergantung kepada orang lain, yang bisa mengakibatkan Si Kecil kurang kreatif dalam mengatasi permasalahannya.

Berikan Tanggung jawab penuh
Memberikan tanggung jawab kepada Si Kecil akan membuatnya memiliki pemikiran terbuka terhadap satu hal. Tanggung jawab bisa diberikan kepada Si Kecil seperti bertanggung jawab terhadap kebersihan kamarnya.

Tawarkan Pengalaman baru
Ikutsertakan Si Kecil dengan hal yang Moms lakukan terutama jika hal tersebut adalah hal yang tidak pernah Si Kecil lakukan. Melalui cara ini, pengetahuan Si Kecil akan bertambah dan ketertarikan dalam menyelesaikan hal yang baru merupakan salah satu cara memancing kreatifitasnya.

Berikan penghargaan lebih untuk usaha bukan hasil
Berikan penghargaan untuk setiap usaha yang dilakukan secara serius oleh Si Kecil meskipun hasilnya tidak/kurang memuaskan, tetapi penghargaan tersebut akan memotivasinya untuk mengeluarkan kreativitasnya dan melakukannya lebih baik lagi.

Ajarkan untuk belajar menyelesaikan masalah hubungan sosial
Si Kecil pada akhirnya menjadi orang dewasa dan Moms sebaiknya mengajarkan untuk selalu kreatif dalam menyelesaikan masalah hubungan sosial atau relasi, karena banyak dari orang-orang dewasa sekarang yang sulit untuk menyelesaikan masalah hubungan sosial terbukti dengan semakin tingginya tingkat kegagalan rumah tangga yang berakhir dengan perceraian (mengakhiri hubungan).

Biasakan untuk mencari jawaban bersama
Terakhir dan terpenting, Moms sebagai orangtua harus selalu dampingi dan bimbing dalam proses mengembangkan kreativitas biasakan untuk mencari jawaban dari suatu masalah bersama-sama. Hal tersebut akan selalu diingat oleh Si Kecil dan setelah ia menjadi dewasa, ia akan menggunakan kreativitasnya tersebut untuk diteruskan lagi kepada anaknya.
#AnakCerdasItuKreatif

Ikuti terus artikel GoldenAge Cerebrofort
Masukkan nama lengkap dan email anda untuk info dan artikel terkini dari cerebrofort