asih
ASIH
title arrow

Tips Sehat Terbaik untuk Si Kecil

Moms tahu nggak sih, kurangnya aktivitas fisik ditambah pola makan yang kurang sehat bisa menimbulkan masalah-masalah kesehatan di saat mereka dewasa kelak dan dapat menjadi awal masalah kesehatan lainnya.

Moms memiliki peran yang sangat besar lho untuk mengajarkan Si Kecil akan pentingnya tubuh yang sehat, serta bagaimana cara menjaga kesehatan sejak dini.

Berikut adalah tiga faktor utama yang sangat berperan dalam kesehatan Si Kecil:

1. Pola makan sehat

Sejak usia dini, ajarkan Si Kecil untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, daging, produk olahan susu, dan lain sebagainya ya Moms. Bantu Si Kecil membiasakan diri dengan menghidangkan makanan-makanan yang sehat dan seimbang setiap harinya.

Biasakan Si Kecil untuk sarapan bergizi di pagi hari, untuk membantunya lebih berkonsentrasi dan dapat melakukan aktivitas seperti belajar dan bermain.

Moms juga harus memastikan bahwa Si Kecil mendapatkan makan siang yang bernutrisi serta dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Batasi jajan di sekolah karena berbagai jajanan tersebut belum terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Begitu pula dengan makan malam. Cobalah untuk makan malam bersama, sehingga Moms bisa berinteraksi dengan Si Kecil sekaligus memperhatikan pola dan kebiasaan makan mereka.

bekal anak

2. Olahraga atau aktivitas fisik yang teratur

Menghabiskan waktu bermain di luar bersama teman sudah lebih dari cukup sebagai aktivitas fisik Si Kecil. Berkeringat dan tertawa bersama teman adalah hal yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan fisiknya. Sudah terbukti bahwa aktivitas olahraga yang dilakukan saat masih anak-anak bisa mengurangi risiko penyakit.

Olahraga permainan yang lebih baik dilakukan oleh anak-anak yaitu yang ada unsur kompetisi, sosial, dan permainannya. Tentu dari olahraga permainan tersebut, Si Kecil bisa melakukan olahraga untuk melatih kekuatan ototnya.

Moms juga bisa mengajak Si Kecil untuk ikut olahraga atau ekskul lain yang berhubungan dengan fisik, seperti sanggar tari, pencak silat, dan lain sebagainya. Di akhir pekan, Moms juga bisa mengajak mereka mengikuti kegiatan seperti jalan santai yang sangat sering diadakan di hari minggu.

olah raga

3. Istirahat yang cukup

Terapkan waktu istirahat dan waktu tidur yang cukup untuk Si Kecil. Anak-anak membutuhkan 9-13 jam waktu tidur, tergantung usia mereka. Saat tidur, tubuh akan mengisi ulang energi dan beregenerasi. Tidur yang cukup akan membantu pertumbuhan dan produktivitas Si Kecil, serta membantu perkembangan fisik dan mentalnya.

Moms juga harus mengajarkan pada Si Kecil mengenai faktor kesehatan umum seperti menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun, sikat gigi rutin sebelum tidur, agar mereka terhindar dari infeksi dan bakteri.

Membiasakan hal-hal tersebut pada Si Kecil sejak dini sangat penting nilainya, sehingga mereka sadar dan tahu bagaimana cara menjaga kesehatan.

istirahat
#AnakCerdasItuSehat

Ikuti terus artikel GoldenAge Cerebrofort
Masukkan nama lengkap dan email anda untuk info dan artikel terkini dari cerebrofort